Melukis warna warni Indonesia masa depan


Negeri ini begitu kaya, dengan segala potensi yang ada. Dari segi geografis Indonesia merupakan negara yang besar wilayah lautnya dan juga banyak terdiri dari kepulauan. Selain itu Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam, memiliki cadangan minyak bumi, gas dan batu bara yang besar. Kekayaan laut yang menghampar luas dari samudera Hindia membentang ke samudera Pasifik, kekayaan hutan yang menjadi salah satu paru-paru dunia, negeri yang menduduki peringkat 5 di dunia dari segi jumlah penduduknya, Begitu banyak anugerah dan nikmat yang Tuhan berikan pada negeri ini

Tetapi sudah hampir 67 tahun negeri ini mendeklarasikan kemerdekaannya, menyatakan identitasnya pada dunia. Indonesia sang “Ibu Pertiwi” masih terus meneteskan air matanya melihat realita kondisi saat ini Bangsa Indonesia yang masih terus mencoba bangkit dari keterpurukan, kita tahu sejarah panjang perjuangan bangsa ini untuk merebut kemerdekaannya. Bangsa ini yang pernah menderita karena penjajahan selama 350 tahun oleh Belanda serta penjajahan 3,5 tahun oleh Jepang terus bangkit dengan kesatuan dari seluruh elemen pada saat itu semua kalangan muda dan tua, semua bagian dari kelompok-kelompok bersatu menyuarakan satu kata yaitu “Merdeka”

Begitu panjang memang sejarah perjuangan tersebut lalu apakah perjuangan itu sudah selesai, ternyata tidak kawan, itu adalah awal permulaan dari perjuangan membangun Indonesia masa depan.

Indonesia Bangkit dan Mandiri

Indonesia Bangkit dan Mandiri maksudnya adalah Indonesia mampu kembali ke tujuan besar dari negeri ini yang menjadi amanah besar di dalam pembukaan UUD 45 yaituuntuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Inilah yang harus terus diperjuangkan untuk Indonesia Bangkit dan Mandiri

Untuk mencapai tujuan tersebut banyak upaya yang harus dilakukan. Pertama dari segi kesejateraan umum kita tahu negeri ini sangat kaya akan kekayaan alam namun mengapa masih banyak realitas sosial dimasyarakat yang sangat menyedihkan, rakyat masih banyak yang mengemis di negerinya sendiri, mungkin ada yang salah dalam pengelolaan negeri ini. Untuk itu dari kesejahteraan umum dibutuhkan pemerintahan yang memiliki tanggung jawab penuh pada tugasnya.

Lalu kenapa harus lewat pemerintahan, karena kta tahu pemerintah yang memegang kebijakan jadi dibutuhkan pemerintahan yang mengambil kebijakan berpihak pada kepentingan rakyat bukan golongan. Serta kita juga harus tahu peran kita dalam memajukan kesejahteraan umum. Sebagai mahasiswa kita juga harus punya tujuan besar untuk memberikan kontiribusi terbaik bagi bangsa ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan mengingat potensi dan posisi kita sebagai mahasiswa yang sangat besar, seperti pengawasan terhadap kinerja pemerintahan, terus belajar dan menambah wawasan untuk kemudian nanti terjun di masyarakat dan menjadi bagian dari kebangkitan Indonesia. Dan semua itu harus disiapkan dari sekarang kawan.

Kemudian untuk mencerdaskan kehidupan bangsa itu dalam hal ini pendidikan nasional adalah kuncinya. Peran pendidikan sangat besar dalam kemajuan sebuah bangsa. Di Indonesia saat ini pendidikan menjadi barang mahal dan tidak sesuai dengan porsinya pada setiap daerah, terkesan terlalu memaksakan peran IQ sebagai tolok ukur suatu kualitas pendidikan seseorang, harusnya pendidikan negeri ini kembali pada tujuannya yang terdapat dalam Undang-undang Pendidikan Nasional yaitu “Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi-pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung-jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.”

Dari tujuan tersebut kita tahu bukan sekedar kompetensi dari segi kemampuan IQ saja yang dikembangkan tapi juga EQ dan SQ.untuk itu sangat penting untuk mengembalikan pendidikan pada tujuan dasarnya .

Indonesia Masa Depan

Membayangkan Indonesia masa depan dengan penuh harapan negeri ini terus maju dan kita menjadi bagian dari kebangkitan bangsa Indonesia adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Indonesia pada saatnya nanti mampu menjadi negeri yang madiri dan maju di segala bidang sehingga mampu mencapai tujuannya,

Dari segi kondisi sosial, Indonesia masa depan dengan kondisi masyarakat yang mandiri dan sejahtera, kehidupan berbangsa yang aman dan tentram. Realita-realita sosial masyarakat mampu diatasi dengan baik. Dari segi pendidikan, Indonesia masa depan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat, dan mengedepankan tujuan pendidikan nasional tidak lagi berpatokan pada standar kemampuan kognitif seseorang.

Sementara itu dari segi ekonomi, Indonesia masa depan merupakan negeri yang mengedepankan ekonomi kerakyatan dan pancasila sehingga mampu memenuhi hajat hidup orang banyak. Mampu menjadi negeri yang mandiri dalam bidang ekonomi. Di bidang teknologi Indonesia menjadi negeri yang memiliki industri strategis dalam teknologi. Kemudian Indonesia di kancah dunia masa depan merupakan negeri besar dan mempunyai posisi strategis dalam perkemngan dan perdamaian dunia.

Itulah kawan mimpi-mimpi kebangkitan Indonesia, semua akan terwujud karena harapan selalu ada dalam perjuangan kebangkitan bangsa Indonesia, “Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada indahnya mimpi-mimpi mereka”

Ayo kawan bersama menjadi bagian dari barisan kebangkitan Indonesia. Kita bersama terbangkan sang garuda ke puncak kejayaannya.

Salam Terbang Mengangkasa ( Terus Bangkit Meningkatkan Kualitas Bangsa)

Rochenry

Aerospace Engineering

13610013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s